Bagaimana Cara Memilih Daging Sapi yang Berkualitas Baik

22 Sep 2023

Bagaimana Cara Memilih Daging Sapi yang Berkualitas Baik

Ada beberapa hal yang biasanya di perhatikan seseorang saat akan membeli daging sapi. Salah satunya adalah bagaimana cara memilih daging sapi berkualitas baik. Juga bisa membedakan usia daging sapi termasuk daging sapi muda atau tua. Anda memang bisa bertanya pada supplier daging sapi mana daging sapi muda dan mana daging sapi tua. Tapi akan lebih baik jika anda mengetahui sendiri perbedaan keduanya. 

Daging sapi muda merupakan daging sapi yang berasal dari sapi muda. Sapi tersebut biasanya di sembelih saat baru berusia beberapa hari sampai dengan 12 bulan. Sedangkan daging sapi tua adalah kebalikan dari daging sapi muda tersebut. 

Orang-orang memperhatikan usia sapi ketika membeli dagingnya karena mempengaruhi hasil makanan. Daging sapi muda lemaknya lebih sedikit sehingga banyak juga yang mencarimu. Daging ini biasanya di gunakan untuk bahan makanan Prancis, Eropa dan Italia. 

Perbedaan Karakteristik Daging Sapi Muda dan Tua 

Berikut ini perbedaan antara keduanya yang harus anda ketahui: 

  • Warna Daging 

Perbedaan antara daging sapi muda dan tua di toko daging tentu saja berasal dari warna dagingnya. Daging sapi punya warna yang sangat khas yaitu merah menggoda. Jika daging sapi berasal dari sapi muda maka warnanya akan merah muda. Anda dapat melihat kalau daging itu memang seperti daging yang masih muda. Sedangkan daging sapi tua punya warna yang merah tua kalau di lihat dengan mata telanjang. 

  • Warna Lemak 

Bagaimana cara memilih daging sapi yang berkualitas baik kedua, selain warna dagingnya, daging sapi muda dan tua juga dapat di bedakan lewat warna lemaknya. Sebelum membeli daging, anda harus memeriksa warna lemaknya lebih dulu. Warna lemak pada daging sapi muda biasanya putih. Bahkan tidak sedikit yang lemaknya tampak transparan. Itu karena sapi belum terlalu dewasa sehingga lemaknya tidak terlalu tampak pekat. Sedangkan sapi yang berusia tua punya warna lemak kuning. Namun warna kuning tidak selalu menunjukkan kalau daging sapi mengkonsumsi tumbuhan sebagai makanan. 

  • Bertanya pada Penjual 

Kalau memang sulit membedakan antara daging sapi tua dan muda karena perbedaannya memang tidak banyak. Anda bisa langsung menanyakan kepada penjual. Tetapi jangan sembarangan ketika memilih penjual. Pastikan memilih penjual atau distributor daging beku terpercaya dan punya kredibilitas. Setelah menemukannya, anda dapat menjadikan supplier tersebut sebagai langganan. 

  • Kandungan Nutrisi 

Daging sapi tua punya lebih banyak kalori, protein dan lemak di bandingkan dengan daging sapi muda. Sedangkan daging sapi muda punya kualitas protein dan lemak yang lebih baik. Faktanya kedua jenis daging sapi punya kandungan kolesterol yang lebih rendah di bandingkan dengan daging babi. 

  • Tekstur 

Bagaimana cara memilih daging sapi yang berkualitas baik selanjutnya adalah daging sapi muda di hasilkan dari anak sapi, biasanya dari anak sapi perah Jantan. Harga daging sapi muda relatif lebih mahal karena punya tekstur yang lebih lembut. 

Daging Sapi yang Bagus Seperti Apa?

NoCiri Dading Sapi yang Bagus
1Warnanya Cerah
2Aroma Tidak Prengus
3Teksturnya padat dan kenyal
4Jumlah Marblingnya
5Tidak mengandung banyak air
  • Usia 

Daging sapi tua, di hasilkan dari sapi yang sudah berusia sekitar 14 sampai dengan 20 bulan. Sedangkan daging sapi muda di dapatkan sebelum usia 12 sampai dengan 14 bulan. 

  • Harga 

Harga daging sapi muda di karenakan kelangkaan dan proses eksekusi yang cukup rumit. Ini karena beberapa peternak tidak sempat melakukan proses pemisahan antara anak sapi dengan induknya. 

  • Penggunaan Daging Sapi Muda 

Mengapa harus memilih daging sapi yang sesuai dengan usianya? Tentu karena penggunaan daging sapi muda dan tua yang berbeda. Kalau salah dalam memilih, makanan yang di sajikan tidak bisa sesuai dengan ekspektasi. Misalnya daging yang terlalu alot karena seharusnya menggunakan daging sapi muda namun justru menggunakan daging sapi tua. 

Daging sapi muda biasanya memiliki tekstur yang lebih rapuh di bandingkan dengan daging sapi tua. Daging ini biasanya di gunakan untuk olahan dengan bumbu yang tidak terlalu banyak misalnya teriyaki, Bolognese atau makanan lain yang tidak membutuhkan terlalu banyak bumbu. 

  • Penggunaan Daging Sapi Tua 

Bagaimana cara memilih daging sapi yang berkualitas baik terakhir harus anda ketahui bahwa daging sapi tua tidak buruk. Semua tergantung pada penggunaan dan pemanfaatannya. Daging sapi tua punya tekstur yang lebih alot. Biasanya digunakan untuk membuat dendeng, sop atau rendang. Kalau makanan tersebut terbuat dari daging sapi muda maka akan lebih mudah hancur. 

Itulah pembahasan tentang perbedaan daging sapi muda dan daging sapi tua. Anda harus mengetahui tujuan membeli daging sapi baru menentukan pilihan akan membeli daging sapi muda atau daging sapi tua. 

FAQ

Bagaimana tekstur daging sapi?

Daging sapi memiliki tekstur yang padat dan solid dan ia tidak mudah direnggangkan dan cenderung kencang dan kaku.

Bagaimana kualitas daging sapi yang baik?

Daging sapi yang masih fresh berwarna merah dan segar. Selain itu warna daging juga tidak pucat dan tidak kotor. Warna daging bervariasi tergantung dari jenis hewan secara genetic dan usia, misalkan daging sapi potong lebih gelap daripada daging sapi perah, daging sapi muda lebih pucat daripada daging sapi dewasa.


Back to News

Berita lainnya.

22 Sep 2023

Keunggulan Impor Daging Sapi dari Negara Lain

Lebih Lanjut
22 Sep 2023

Resep Kikil Bumbu Kuning yang Lezat

Lebih Lanjut
22 Sep 2023

Faktor-Faktor Penyebab Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran

Lebih Lanjut