Cara Memilih dan Menyimpan Daging Slice Agar Awet

22 Sep 2023

Cara Memilih dan Menyimpang Daging Slice Agar Awet

Memasak daging sendiri di rumah tentu rasanya lebih aman dan menyenangkan daripada membeli di luar. Dengan demikian, menyetok makanan sangat wajib dilakukan agar tidak kekurangan bahan nantinya. Salah satu bahan yang sedang banyak disukai adalah daging slice. Ada berbagai jenis makanan lezat yang bisa anda buat seperti yakiniku dan grilled beef. Sayang, tidak semua orang paham cara membeli di toko daging serta menyimpan daging seperti ini. Karena itulah, daging seringkali menjadi busuk dan terpaksa dibuang. Sayang sekali, kan? 

Agar slice beef tidak sampai dibuang dengan sia-sia, berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan. Maka dijamin tidak ada yang disebut dengan pemborosan.

Tips Memilih dan Menyimpan Daging Sapi Slice

Berikut ini cara memilih dan menyimpan slice beef agar awet:

  1. Memperhatikan Warna Daging Ketika Membeli

Sliced beef yang baik memilih warna merah serta putih yang segar. Daging yang tidak tampak kusam dan bernoda menjadi tanda yang baik. Perhatikan juga urat-urat yang ada pada bagian daging warna merah. Semakin banyak maka semakin baik. Kalau sliced beef sudah tampak mulai kecokelatan dan warna putihnya sudah kusam. Yang seperti itu sebaiknya jangan dibeli. Itu tandanya kualitas kesegaran daging sudah tidak baik. Bisa jadi sudah terlalu lama dari proses pemotongannya.

    2. Memperhatikan Tekstur Daging Tidak Lembek

Setelah mengamati warna sliced beef, maka saatnya mengetahui tekstur dagingnya dengan kualitas baik memiliki tekstur sedikit kenyal ketika dipegang. Hal ini menandakan daging baru saja dipotong. Berbeda dengan sliced beef yang sudah tidak segar, teksturnya cenderung lembek. Bahkan ketika dipegang terasa sangat licin dan berair. Jangan memilih sliced beef dengan keadaan yang seperti ini karena tandanya akan busuk dalam waktu yang dekat.

    3. Jangan Memilih Sliced Beef Beku

Sliced beef yang sudah dalam keadaan beku sebaiknya jangan dibeli di supplier daging sapi. Banyak orang yang menyepelekan hal ini karena menganggap bahwa kesegarannya masih terjaga. Padahal sliced vef yang dibekukan telah disimpan selama beberapa hari. Jika memungkinkan, anda bisa memilih daging sliced yang baru saja dipotong. Selain lebih segar, kualitas dagingnya juga tentu masih terjaga.

    4. Mencuci Daging Sampai Bersih

Meskipun anda membeli sliced beef di supermarket, anda tetap harus mencucinya sampai bersih ketika sampai di rumah. Bersihkan seluruh dagingnya sampai benar-benar bersih di bawah air yang mengalir. Jangan merendam daging yang ada di dalam wadah ketika mencuci karena bakteri dan kuman akan tetap menempel. Setelah dicuci, jangan terlalu lama terkena udara pada suhu ruangan. Daging yang basah sangat rawan terkena bakteri sehingga proses pembusukannya menjadi semakin cepat.

    5. Merendam Daging dengan Nanas

Tips lain mengolah daging agar tidak alot dan bau adalah dengan merendamnya bersama dengan buah nanas. Tips yang satu ini terbukti bisa mengurangi bau amis dan melembutkan tekstur daging dalam sekejap. Caranya yaitu menempatkan potongan buah nanas di atas daging mentah selama beberapa menit. Yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu lama membiarkan daging berada dalam rendaman karena bisa membuat daging terlalu lembek dan mudah hancur saat dimasak.

    6. Mengeringkan Sebelum Disimpan Lagi

Sliced beef sebaiknya jangan disimpan dalam keadaan basah. Jika daging disimpan ketika masih basah, maka bakteri dan kuman bisa tumbuh dengan lebih cepat. Apalagi keadaan daging sliced beef tidak setebal daging pada umumnya jadi akan lebih cepat membusuk nantinya. Anda bisa mengeringkannya lebih dulu dengan menggunakan tisu atau paper towl. Bungkus dengan tisu secara perlahan kemudian tekan-tekan sedikit sampai dengan airnya menyerap baru simpan ke dalam wadah.

 

Resep Olahan Daging Slice Sapi

    7. Simpan dalam Wadah atau Beri Plastic Wrap

Jika belum akan segera diolah, maka simpan daging dengan menggunakan wadah kedap udara. Gunakan wadah yang dibuat dari kaca karena diyakini sangat kedap udara. Tetapi jika anda tidak memiliki wadah kedap udara, anda bisa meletakkan kembali sliced beef ke dalam wadah ketika membeli. Tutup lagi dengan menggunakan plastic wrap seperti pertama kali membeli. Tujuannya yaitu untuk menjaga kualitas kesegarannya.

    8. Marinasi Sliced Beef dengan Bumbu

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menjaga kualitas sliced beef adalah dengan memarinasinya. Menyimpan daging tipis seperti ini membuatnya lebih awet tetapi tetap gunakan bumbu marinasi pada umumnya. Anda bisa menggunakan campuran bawang putih, garam, gula pasir dan sedikit kunyit. Semua bahan tersebut dikenal dengan sifat antibakteri sehingga sliced beef tidak akan mudah membusuk.

    9. Dimasukkan ke Dalam Freezer

Jika anda ingin sliced beef bertahan sampai 3-4 bulan, maka anda bisa memasukkan ke dalam freezer jual daging. Tetapi pastikan bahwa suhu yang digunakan sudah sesuai yaitu 18 derajat Celcius. Masukkan sliced beef bersama dengan wadah kedap udaranya. Ketika akan digunakan kembali maka jangan langsung dipanaskan. Tunggu sampai es pada daging mencair dengan sendirinya. Jika daging langsung dimasak, bisa jadi daging tidak akan matang dengan sempurna.

FAQ

Apa nama sliced beef yang tipis?

Carpaccio

Apa yang dimaksud dengan beef yakiniku?

Yakiniku merujuk pada gaya memasak daging yang seukuran gigitan  dan sayuran di atas kisi-kisi atau wajan di atas api  arang kayu yang dikarbonisasi dengan penyulingan kering. Ini menjadi salah satu hidangan nasional jepang yang paling populer.


Back to News

Other news.

22 Sep 2023

Perbedaan Sirloin, Tenderloin dan Rib Eye. Mana yang Lebih Enak?

Learn More
20 Dec 2023

Jual Daging Sapi

Learn More
22 Sep 2023

Ciri Ciri Daging Sapi Segar yang Harus Diketahui

Learn More