Jenis Daging Steak Terenak

22 Sep 2023

Jenis Daging Steak Terenak

Steak tersedia dalam berbagai potongan dan ukuran. Steak memiliki beragam kelembutan, marbling, dan kisaran harga, dengan setiap potongan memiliki rasa dan kualitas yang berbeda. Beberapa jenis daging steak lebih baik dimasak di atas panggangan sementara yang lain lebih baik dimasak di atas kompor, tetapi jika dimasak dengan benar, setiap potongan memiliki sesuatu yang lezat untuk ditawarkan.

Apa Saja Macam Macam Steak? 

Berikut ini adalah panduan untuk jenis jenis daging steak yang paling terkenal beserta dengan cara terbaik untuk memasak setiap potongan:

     1. Filet Mignon

Filet mignon adalah nama potongan steak dari daging sapi tenderloin, yaitu otot panjang berbentuk silinder yang membentang di sepanjang tulang belakang. Ini adalah salah satu potongan daging sapi yang paling mahal karena ototnya tidak terlalu banyak digunakan, dan sangat empuk sehingga Anda bisa memotongnya dengan garpu. Karena sudah empuk, daging ini tidak memerlukan bumbu, jadi cobalah menyantap steak dengan saus atau mentega yang beraroma seperti pada merlot filet mignon.

     2. Ribeye

Ribeye adalah steak yang paling segar dan paling marbling. Dipotong dari bagian tengah iga dan dijual sebagai jenis daging steak dengan tulang atau tanpa tulang. Ribeye memiliki lebih banyak rasa daripada filet mignon, tetapi juga lebih kenyal. Ini adalah steak yang cukup mudah dimasak karena memiliki begitu banyak lemak intermuskular; makanlah sedikit lebih lama, dan rasanya akan tetap juicy. Saat berbelanja, carilah iga sapi dengan marbling yang baik dan lemak yang bagus pada bagian atasnya. Jika Anda menyukai iga, jangan lupa untuk mencoba iga utama, yang juga dipotong dari bagian iga.

     3. Strip

Strip steak-juga dikenal sebagai strip New York-dipotong dari bagian pinggang pendek. Daging ini memiliki lemak lebih sedikit  daripada ribeye, tetapi rasanya lebih kaya daripada tenderloin dan hampir selalu dijual sebagai steak tanpa tulang.

     4. Sirloin

Kadang-kadang disebut top sirloin, jenis daging steak tanpa tulang ini berasal dari bagian sirloin, di dekat bagian belakang hewan. Beberapa orang mengatakan bahwa steak ini tidak empuk dan tidak beraroma, tetapi ini tidak sepenuhnya benar. Steak sirloin memiliki rasa daging sapi yang sangat enak, dan harganya yang murah membuatnya terjangkau untuk makan pada malam hari.

     5. London Broil

Secara teknis, London broil adalah metode memasak, bukan potongan daging sapi, tetapi banyak restoran yang menjual steak dengan nama ini. Biasanya steak ini merupakan potongan steak bundar bagian atas dari bagian belakang daging sapi, tetapi Anda mungkin ingin mengeceknya kembali ke toko daging

     6. T-bone atau Porterhouse

jenis daging steak “berbentuk T” ini merupakan favorit para pecinta daging karena sebenarnya terdiri dari dua steak: strip dan tenderloin. Mereka di potong dari pinggang pendek dan selalu di jual dengan tulang. Perbedaan utama antara T-bone dan porterhouse adalah bahwa T-bone biasanya di potong dari bagian belakang pinggang, dan mengandung lebih banyak filet mignon.

     7. Tomahawk

Potongan yang terlihat seperti Flintstone ini pada dasarnya adalah ribeye steak yang tidak di potong dari tulang iga. Ketebalannya tergantung pada ketebalan tulangnya, tetapi umumnya sekitar dua inci. Beratnya juga cukup untuk disantap beberapa orang.

Macam Macam Menu Steak

NoMenu SteakDeskripsi
1TenderloinPotongan steak paling empuk dan halus dengan sedikit lemah
2SirloinSteak dengan rasa gurih dan sedikit kandungan lemak
3Rib EyeSteak dengan kandungan lemak cukup tinggi, memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang empuk
4T-BoneSteak yang mempunyai dua jenis daging sekaligus, yaitu tenderloin dan sirloin
5PorterhouseMirip dengan T-Bone, namun memiliki potongan daging yang lebih besar dengan sedikit lemak

     8. Skirt

Skirt steak adalah potongan daging yang panjang dan tipis dari bagian lempeng perut. Potongan ini sangat keras dengan banyak jaringan ikat, tetapi ternyata berair dan empuk jika di masak dengan benar. Anda dapat menemukan steak bagian dalam dan luar skirt, dan sebagian besar supplier daging sapi akan memotong selaput luar yang tebal sebelum menjualnya.

     9. Flank

Flank jenis daging steak mirip dengan skirt, tetapi memiliki beberapa perbedaan karakteristik. Dagingnya berasal dari bagian perut, tetapi bagian pinggulnya lebih jauh ke belakang daging sapi. Bagian ini lebih tebal dan lebih lebar dari bagian skirt, dan dimasak sedikit lebih empuk.

     10. Hanger

Hanger steak adalah salah satu potongan daging sapi terbaik yang tidak Anda sangka-sangka. Harganya relatif murah dan memiliki rasa daging sapi yang sangat lezat. Dagingnya berasal dari bagian lempeng atau perut sapi, tetapi tidak terhubung ke tulang mana pun. (Ini tergantung pada diafragma, oleh karena itu di juluki steak “hanger”) Jika Anda membeli hanger utuh, mintalah tukang daging untuk membuang selaput tebal yang tidak dapat di makan di bagian tengahnya.

     11. Rump Steak

Rump steak (kadang-kadang di sebut round steak) adalah alternatif yang murah untuk ribeye, dan rasanya enak jika Anda memasaknya dengan benar. Daging ini berasal dari bagian belakang sapi, jadi tidak berlemak seperti sirloin. Karena otot-otot ini bekerja lebih keras, daging bagian belakang kurang empuk di bandingkan sebagian besar potongan daging lainnya. 

     12. Denver Cut

Denver Cut adalah salah satu steak favorit di tempat jual daging steak. Potongan ini di ambil dari chuck eye, yang membentang di sepanjang bahu depan. Bagian ini biasanya sangat keras dan tidak cocok untuk steak, tetapi karena Denver terletak di bagian tengah, bagian ini tidak terlalu sering di gunakan. Bagian ini seperti potongan marmer tanpa lemak berlebih (atau label harga yang tinggi).

     13. Flap Steak

Daging flap tidak selalu terdengar menggugah selera, tetapi daging ini merupakan potongan serbaguna yang terjangkau dengan rasa yang lezat. Kadang-kadang di sebut sirloin flap, potongan ini berasal dari bagian paling bawah sirloin yang dekat dengan pertemuannya dengan bagian panggul.

FAQ 

Bagaimana cara memasak daging steak yang sempurna?

Cara memasak daging steak yang sempurna tergantung dari selera masing-masing. Namun, beberapa tips umumnya adalah memanaskan wajan atau panggangan dengan suhu tinggi terlebih dahulu, kemudian letakkan daging steak dan biarkan selama beberapa menit tergantung pada tingkat kematangan yang di inginkan. Jangan terlalu sering membalik daging agar tidak kehilangan kelembutannya.

Bagaimana cara menyajikan daging steak yang baik?

Daging steak biasanya di sajikan dengan bumbu-bumbu yang sederhana seperti garam, merica, dan bawang putih. Anda juga dapat menambahkan saus steak seperti saus bernaise, saus tomat, atau saus mushroom untuk menambahkan rasa. Sajikan daging steak bersama dengan pilihan sayuran atau kentang sebagai pelengkap.


Back to News

Berita lainnya.

22 Sep 2023

Tips Memilih Daging Sapi Beku

Lebih Lanjut
20 Des 2023

Jual Daging Steak

Lebih Lanjut
20 Des 2023

Jual Daging Sapi

Lebih Lanjut