Apakah Kandungan Kikil Sapi Berbahaya? Cek Fakta!

22 Sep 2023

Apakah Kandungan Kikil Sapi Berbahaya? Cek Fakta!

Banyak orang yang menyukai kikil sapi dari toko daging. Apakah anda termasuk penikmat kikil sapi? Kalau iya, maka informasi tentang kandungan kikil sapi dan kolesterolnya akan sangat membantu, khususnya bagi yang sedang mengatur gizi harian. Kikil pada dasarnya adalah lapisan yang menjadi pembungkus tulang kaki serta jari-jari kaki sapi tanpa ada bulu yang melekat pada bagian atas. Kikil mengandung protein namun dalam bentuk kolagen. 

Kandungan kikil sapi ialah kolesterol, bahkan kandungan kolesterolnya cukup tinggi. Itulah mengapa kikil dikategorikan sebagai sumber makanan yang mengandung kolesterol jahat. Karena kandungan kikil sapi ada kolesterol jahat maka konsumsi kikil harus dibatasi. Jika konsumsinya berlebihan maka bisa memicu berbagai gejala hiperkolesterolemia. 

Kandungan Kolesterol Kikil Sapi, Mitos atau Fakta? 

Cek fakta berikut ini tentang kikil sapi jika merasa khawatir dengan kandungannya:

     1. Kolagen, Bukan Kolesterol

Kikil dari kaki sapi memiliki gelatin yang diproses oleh tubuh menjadi kolagen ketika dikonsumsi. Kolagen tersebut memiliki manfaat yang baik seperti memelihara Kesehatan usus dan pencernaan, menyembuhkan luka dengan cepat, mengurangi nyeri sendi, dan meningkatkan fungsi otak. Kolagen juga terkenal bagus untuk rambut dan kulit. Sebagai protein yang alami, kolagen berperan selayaknya perekat dan pelumas pada persendian. Jika kurang kolagen, maka kulit akan mudah keriput. 

     2. Keto Friendly

Bagian dari sapi ini terdiri dari lapisan lemak yang ada pada kaki. Sekitar 120 gram kikil mengandung 20 gram protein, 25 gram lemak dan 0 karbohidrat sehingga ramah untuk anda yang sedang menjalani diet keto. Dengan adanya lemak baik, kikil juga dapat membuat perut terasa lebih kenyang. Dengan catatan, anda juga harus memperhatikan olahan kikil dan bahan masakan lainnya yang ada di dalamnya. Jika ditambah atau dimakan dengan lauk dan pelengkap, maka tingkat karbohidrat dalam sekali makan mungkin saja dapat bertambah. 

     3. Tidak Hanya di Asia

Selain di Asia dan Indonesia, negara di Kepulauan Karibia dan Afrika juga memiliki beberapa variasi makanan yang berbahan dasar kikil. Kikil distributor daging beku biasa dimasak dengan tambahan bumbu berkuah, dengan atau tanpa tulang kaki. Di Afrika, bumbu yang digunakan biasanya berkuah kental dan pedas dengan cabai habanero. Sedangkan Indonesia mungkin memiliki variasi olahan kaki sapi yang lebih beragam. Kandungan kikil sapi yang paling umum adalah kikil bumbu gulai ala Padang. Sebagian orang juga suka memasukkannya ke dalam kuah bakso atau dimasak menjadi mie kocok ala Bandung. 

Apakah Kikil Ada Gizinya?

NoKandungan Gizi Kikil
1Protein (Kolagen) dan asam amino essensial
2Selenium 
3Purin
4Kolesterol

Tips Memasak Kikil yang Aman 

Untuk anda yang gemar mengkonsumsi kikil harus memperhatikan beberapa cara memasak kikil dengan aman sebagai berikut: 

     1. Masak dengan Sayuran Berserat Tinggi

Agar tetap bisa mengkonsumsi kikil secara normal, anda juga perlu menyeimbangkannya dengan banyak mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi. Untuk itu, anda bisa memasak kikil dengan sayuran yang berserat tinggi seperti membuat sup kandungan kikil sapi. Hal ini dikarenakan makanan yang berserat tinggi yang dikonsumsi bisa membantu menghambat penyerapan kolesterol oleh tubuh sehingga menyeimbangkan masakan kikil dengan sayuran berserat tinggi di dalamnya bisa menjadi alternatif. 

     2. Imbangi Masakan Kikil dengan Masakan Jamur

Jika anda tidak senang mencampur jamur dengan kikil dari toko jual daging pada satu masakan, maka anda bisa menyeimbangkan konsumsi masakan kandungan kikil sapi dengan konsumsi masakan jamur. Ini karena jamur bisa membantu mengurangi pembuatan kolesterol pada liver, bahkan beberapa obat penurun kolesterol seperti obat penurun kolesterol golongan statin juga adalah hasil dari mengekstrak jamur tertentu. 

     3. Memasak Kikil dengan Minyak Sayuran Sehat

Kandungan kikil sapi pada masakan biasanya memang penuh dengan minyak di dalamnya. Ini yang juga harus dihindari atau dikurangi. Karena kandungan minyak yang dimasak dengan kikil juga mengandung kadar kolesterol jadi bisa meningkatkan kadar kolesterol yang dikonsumsi bagi tubuh anda. Oleh karena itu, anda bisa mencoba mengganti dengan minyak sayuran sehat pada masakan kikil seperti menggunakan minyak zaitun ataupun minyak kacang kenari.  

Itulah beberapa tips yang dapat dicoba kalau ingin mengurangi kadar kolesterol yang dikonsumsi ketika mengkonsumsi masakan kikil. Selain tips di atas, anda juga perlu mengimbanginya dengan rutin konsumsi buah-buahan, rutin olahraga untuk menurunkan kolesterol setiap hari, mengimbangi dengan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti ikan laut, bawang putih, toge, tempe dan lain sebagainya. 

FAQ

Apa nutrisi yang terkandung dalam kikil sapi?

Kikil sapi mengandung protein, lemak, kalori, kalsium, fosfor, zat besi, dan beberapa vitamin B.

Apa manfaat dari mengonsumsi kikil sapi?

Kikil sapi dapat membantu memperbaiki dan memelihara kesehatan tulang dan sendi, meningkatkan kesehatan kulit, dan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.


Back to News

Berita lainnya.

22 Sep 2023

Cara Memasak Kulit Sapi Agar Cepat Matang dan Tidak Bau

Lebih Lanjut
22 Sep 2023

Bagian-Bagian Sapi Selain Daging yang Sering Dikonsumsi

Lebih Lanjut
22 Sep 2023

Rekomendasi Toko Daging Terbaik

Lebih Lanjut