Keuntungan Konsumsi Frozen Food yang Jarang Diketahui

22 Sep 2023

Keuntungan Konsumsi Frozen Food yang Jarang Diketahui

Di era pandemi ini, sebagian dari kita tentunya menyimpan frozen food agar memiliki stok makanan yang cukup. Makanan beku alias frozen food selama ini mendapatkan citra yang kurang menyenangkan sebagai makanan yang tidak sehat. Namun ternyata, frozen food menyimpan banyak keuntungan sebagai makanan. Beberapa orang menyadarinya dan mulai mengkonsumsi frozen food. Bahkan membeli frozen food dalam jumlah banyak. Daftar harga frozen food grosir di beberapa tempat cukup terjangkau.

Frozen food sebenarnya bukan hal yang baru. Sejak lebih dari 3000 tahun yang lalu, orang-orang telah menemukan cara untuk menyimpan makanan dalam kondisi dingin agar mereka bisa tetap memiliki stok makanan demi musim dingin. Pada era modern, orang-orang membekukan makanan untuk berbagai alasan mulai dari penghematan biaya hingga manfaat nutrisi. Banyak toko yang jual daging beku dan sayuran beku.

Inilah saatnya untuk menjelaskan mengapa frozen food lebih baik daripada makanan segar. Makanan beku seperti menekan tombol “pause” pada proses natural, menyimpan vitamin lebih lama.

Keunggulan Konsumsi Frozen Food

  1. Penyajian Lebih Cepat

Manfaat yang paling populer dari makanan beku yaitu kenyamanan. Frozen food mudah dibawa ke kantor dan cepat dimasak ketika anda sedang sangat lapar. Frozen fruit merupakan makanan pokok untuk pagi hari dan frozen vegetable yang sudah dipotong membuat sup, tumis dan lauk menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Ketika anda membekukan makanan anda atau memesan makanan beku yang siap makan, makanan tersebut sudah siap ketika anda siap.

    2. Memiliki Kandungan Nutrisi Lengkap Karena Benar-Benar Matang

Frozen food seringkali lebih kaya nutrisi dibandingkan dengan produk-produk yang ada di toko bahan makanan. Sebuah penelitian membandingkan kandungan vitamin dalam delapan buah sayuran dan buah saat didinginkan versus dibekukan. Studi tersebut mengukur kandungan nutrisi pada jagung, wortel, brokoli, bayam, kacang polong, kacang hijau, stroberi dan bluberry pada berbagai jenis penyimpanan. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kandungan vitamin dari
frozen food sebanding bahkan lebih tinggi daripada makanan segar.

Mengapa? Ketika anda membeli buah, maka buah tersebut membutuhkan waktu beberapa hari untuk sampai di toko. Agar tidak busuk, buah tersebut dipetik sebelum matang. Akibatnya, nutrisi pada buah tidak maksimal. Kandungan nutrisi pada  makanan segar bisa berkurang hingga 50%. Sebaliknya, makanan yang akan dibekukan biasanya dipetik pada kematangan yang maksimal kemudian langsung dibekukan. Ini membuatnya memiliki lebih banyak nutrisi.

    3. Membuat Makanan Bertahan Lebih Lama

Jika anda membeli makanan segar, anda bisa mengawetkan buah dan sayuran dengan menyimpannya di freezer dengan benar. Membekukan makanan bisa membuatnya bertahan dan tetap bergizi hingga 18 bulan.

Pastikan anda membekukan makanan ketika mencapai kesegaran maksimal. Selanjutnya, cuci dan keringkan bahan makanan sebelum memasukannya ke dalam freezer. Selanjutnya, cuci dan keringkan produk sebelum memasukkannya ke dalam freezer. Kalau sayur atau buah basah dimasukkan ke dalam freezer, maka makanan tersebut akan sulit dipisahkan ketika membeku. Yang terakhir, pastikan anda membekukan makanan dalam wadah yang kedap udara untuk memastikan
agar masih segar. Jika tidak, maka proses pembekuan bisa mempengaruhi rasa, tekstur dan nutrisi.

 

Jenis-Jenis Frozen Food yang Populer

    4. Mengurangi Limbah Makanan

Karena pembekuan merupakan cara yang tepat untuk memperlama usia makanan, pembekuan juga bisa membantu mengurangi limbah makanan yang tidak perlu. Apakah anda ingin menghemat buah-buahan yang sedang matang dengan sempurna? Maka anda cenderung mengkonsumsi buah-buahan tersebut dalam waktu cepat agar tidak busuk.

Dibandingkan harus membagikan buah-buahan enak, lebih baik potong dadu dan buanglah potongannya ke dalam wadah yang ramah freezer. Anda bisa menggunakannya untuk memasak smoothie nanti. Anda bisa mengurangi limbah makanan rumah tangga dengan mempersiapkan kebutuhan anda untuk beberapa hari ke depan kemudian membekukan sisanya.

    5. Menyehatkan

Ada banyak pilihan makanan sehat di antara berbagai makanan beku namun dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk mencarinya dalam daftar bahan makanan. Hindari bahan pengawet, perasa dan perwarna buatan atau tambahan garam dan gula. Kemudian, anda harus mengalihkan perhatian anda pada panel nutrisi. Selalu cek beberapa hal seperti lemak jenuh dan lemak trans dan berapa banyak serat serta protein yang ada.

Lakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa sayuran atau buah merupakan satu-satunya bahan makanan yang tercantum dalam kemasan karena saus atau bumbu tambahan bisa penuh dengan natrium.

    6. Ekonomis

Frozen food sangatlah ekonomis. Anda tidak perlu membayar bagian makanan yang akan rusak. Anda hanya perlu membayar setiap ons yang anda makan. Biaya untuk jual frozen food biasanya lebih murah dibandingkan dengan makanan segar. Berdasarkan sebuah studi, lima dari enam sayuran yang diuji menunjukkan bahwa yang paling murah adalah yang dalam keadaan beku.

Harga makanan segar bisa sangat fluktuatif yaitu agak mahal pada awam musim dan agak turun pada pertengahan musim kemudian bisa naik lagi tanpa penjelasan. Untuk makanan beku/frozen food, daftar harga frozen food grosir tetap stabil.

Makanan olahan dari frozen food juga lebih baik dibandingkan dengan makanan buatan sendiri. Biaya untuk menyiapkan makanan di rumah harus memperhitungkan semua bahan yang digunakan ketika persiapan. Misalnya memanggang kue berarti membutuhkan gula, tepung, mentega, telur dan sebagainya. Ini bisa menjadi kue yang cukup mahal. Jika anda adalah seorang pembuat roti yang jarang dan tidak akan menggunakan bahan-bahan yang tersisa maka makanan panggan beku mungkin lebih baik untuk dibeli.

 

Suri Nusantara Jaya, Supplier Makanan Beku Berkualitas

Jika anda membutuhkan makanan beku yang berkualitas dan terbuat dari bahan terbaik, maka hubungilah supplier daging sapi Suri Nusantara Jaya (SNJ) untuk mengetahui daftar harga frozen food grosir. PT SNJ terkenal sebagai salah satu importir dan distributor utama produk daging segar, daging beku, makanan beku maupun olahan yang berkualitas di Indonesia. SNJ telah bergerak di industri ini sejak tahun 1998. Perusahaan telah berekspansi dan berkembang dalam distribusi produk daging segar atau daging beku kepada pasar, catering, restoran, wholesaler di seluruh Indonesia.

FAQ

Apa saja produk yang disediakan oleh SNJ?

Daging kambing, daging ayam, daging sapi, dan kerbau.

Apa yang menjadi keunggulan SNJ?

Sertifikasi SNI & MUI, harga lebih terjangkau, distributor untuk grosir dan eceran, aman dan cepat.


Back to News

Berita lainnya.

22 Sep 2023

Rekomendasi Toko Daging Terbaik

Lebih Lanjut
22 Sep 2023

Jenis Jenis Steak yang Populer di Dunia

Lebih Lanjut
22 Sep 2023

Perbedaan Antara Daging Tenderloin dan Sirloin

Lebih Lanjut