Manfaat Konsumsi Hati Sapi dan Harga Hati Sapi

22 Sep 2023

Manfaat Konsumsi Hati Sapi dan Harga Hati Sapi

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai olahan daging sapi. Tetapi pernahkah anda menyantap masakan dengan bahan dasar hati sapi? Jeroan yang satu ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan, khususnya untuk mata dan peredaran darah. Harga hati sapi antara Rp 40.000 – Rp 48.000/kg. Hati sapi adalah bahan makanan yang sangat padat dengan zat gizi. Kandungan gizi hati sapi bahkan tidak kalah dari daging yang lebih umum di konsumsi. 

Tidak banyak yang tahu, hati sapi sebenarnya adalah salah satu makanan yang paling padat nutrisi. Manfaat hati sapi akan di rasakan karena di dalamnya mengandung vitamin dan mineral. Jeroan sapi termasuk hati sapi punya reputasi yang tidak terlalu baik dari segi Kesehatan. Kandungan kolesterol dalam makanan ini memang cenderung tinggi. Tetapi jika di konsumsi dalam jumlah yang cukup dan pas, hati sapi dapat memberikan berbagai manfaat untuk tubuh. 

Apa Manfaat Makan Hati Sapi? 

Manfaat Konsumsi Hati Sapi dan Harga Hati Sapi

Hati sapi dari toko daging sering di sebut sebagai super food karena kandungan gizinya yang tergolong lengkap. Selain itu, makanan ini juga dapat memberikan berbagai manfaat untuk Kesehatan tubuh seperti: 

    1. Sebagai Sumber Protein

Protein adalah komponen yang sangat di butuhkan untuk menjalankan berbagai fungsi pada tubuh. Sama seperti menjaga massa otot, memperbaiki jaringan yang rusak serta menjaga kulit dan rambut agar tetap sehat. Selain itu, arginine, salah satu jenis asam amino yang terkandung pada Harga hati sapi di sebut bisa menurunkan tekanan darah. Sedangkan threonine (asam amino lain) sangat penting untuk mempertahankan Kesehatan gigi serta berperan dalam produksi kolagen. 

    2. Melindungi Tubuh dari Penyakit

Manfaat hati sapi lain yang dapat di rasakan adalah melindungi tubuh dari penyakit. Vitamin A, vitamin B kompleks dan asam amino pada hati merupakan antioksidan yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, arteriosclerosis sampai dengan penuaan dini. 

    3. Meredakan Stress

Vitamin B yang ada dalam hati sapi bisa berguna untuk membantu meredakan stress dan rasa lelah. Selain itu, vitamin ini juga bisa meningkatkan mood atau suasana hati menjadi lebih baik. 

    4. Menjaga Kesehatan Otak

Mineral tembaga yang terkandung dalam hati sapi dari distributor daging beku bermanfaat dalam mengaktifkan enzim yang mengatur fungsi otak. Selain itu, jenis mineral seperti tembaga ini juga berperan dalam metabolisme zat besi serta memberikan energi. 

    5. Sumber Vitamin A

Hati sapi yang kaya dengan vitamin A, khasiatnya sangat penting menjaga kesehatan mata dan sistem imun. Vitamin A juga berperan dalam menjaga fungsi ginjal, paru dan jantung agar bisa berjalan dengan baik. Anda harus hati-hati karena orang yang kekurangan vitamin A memiliki resiko lebih tinggi dalam mengalami anemia, diare kronis sampai dengan rabun senja. Satu porsi harga hati sapi mengandung lebih dari 700% asupan vitamin A harian yang sudah direkomendasikan untuk orang dewasa. 

Harga hati sapi dan Harga Daging Sapi Per Kg 

NoJenis Daging SapiHarga
1Daging Iga sapi import rib beef 1 kgRp 60.600
2Sengkel sapi 1 kg importRp 114.900
3Daging potong sapi Australia 1 kgRp 99.000
4Aus knuckle cut daging sapi impor 1 kgRp. 130.000
5Daging sapi giling 1 kgRp 84.000
6Daging sapi Topside rendang 1 kgRp 110.000
7Indoguna shank daging sapi Australia 1 kgRp 125.000
8Daging buntut sapi oxtail beef 1 kgRp 145.000
9Tenderloin Aust prime daging sapi 1 kgRp 225.000

    6. Mempertahankan Kepadatan Tulang

Kandungan mineral yang ada dalam hati sapi adalah komponen yang baik untuk mempertahankan kepadatan tulang. Dengan demikian, resiko anda mengalami osteoporosis akan berkurang. Tidak hanya itu, jenis mineral pub juga penting untuk mempertahankan Kesehatan gigi. 

    7. Sebagai Sumber Energi

Protein bermanfaat untuk menjaga sumber energi. Dalam hati sapi, ada juga kandungan vitamin B2 atau riboflavin yang berperan dalam mengubah makanan menjadi energi untuk tubuh. Selain itu, vitamin B2 dalam hati sapi juga berkhasiat untuk membantu perkembangan sel serta menjaga fungsi sel dalam tubuh agar berjalan dengan baik. Anda bisa membeli hati sapi di supplier daging sapi

    8. Mengurangi Resiko Anemia

Sebagian besar masyarakat Indonesia mengkonsumsi hati sapi ketika kurang darah. Untuk itu, harga hati sapi di percaya berkhasiat mengatasi kondisi anemia. Alasannya karena ada kandungan vitamin B12 dan zat besi dalam hati sapi yang bermanfaat untuk membantu mengurangi resiko anemia. Yang harus di ketahui bahwa vitamin B12 fungsinya adalah membentuk sel darah merah. 

Sedangkan kandungan zat besi dalam hati sapi berfungsi membuat hemoglobin dan protein kunci myoglobin untuk transportasi oksigen. Anemia adalah kondisi yang membat sel darah merah lebih rendah dari biasanya. Oleh karena itu, ketika mengalaminya terus menerus maka kemungkinan anda terasa lelah, nyeri dada, lemah, sesak nafas hingga penurunan berat badan. 

    9. Berpotensi Mencegah Kanker

Mengkonsumsi hati sapi ternyata berpotensi mengurangi resiko kanker. Manfaat ini berasal dari vitamin A pada hati. Konsumsi vitamin A diduga dapat membantu mencegah kanker paru-paru dan prostat pada beberapa orang. Kanker terjadi karena pertumbuhan sel-sel yang tidak normal. Vitamin A membantu mencegah kanker dengan mengatur pertumbuhan beberapa janin sel dalam tubuh. Meskipun bermanfaat, namun harus di ingat bahwa ini masih harus dikaji lebih lanjut. 

    10. Berpotensi Mencegah Penyakit Alzheimer

Berdasarkan beberapa studi sebelumnya, orang dengan kadar tembaga yang tinggi pada darahnya beresiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer. Ini mungkin berhubungan dengan fungsi tembaga dalam menjaga kesehatan pembuluh darah dan sistem saraf. Salah satu sumber terbaik ini adalah hati sapi. Studi tentang manfaat jeroan tentang mencegah penyakit Alzheimer memang masih terbatas. Namun tidak ada salahnya menjadikan harga hati sapi sebagai salah satu sumber mineral tembaga anda. 

FAQ 

Daging 1 kg di potong jadi berapa?

Daging Sapi Potongan 1Kg Jadi 20-30 Potong.

Mengapa harga daging mahal?

Pertama, lonjakan harga di picu naiknya permintaan di periode Ramadan. Kedua, permintaan daging ayam selama masa pandemi juga turut menaikkan harga daging ayam di tingkat konsumen. Selain itu, Ketiga adalah melonjaknya harga daging sapi impor.


Back to News

Other news.

22 Sep 2023

Rekomendasi Toko Daging Terbaik

Learn More
28 Sep 2019

Berbagi kebahagiaan bersama anak yatim

Learn More
22 Sep 2023

Penuhi Kebutuhan Daging Nasional, PT Suri Nusantara Jaya Launching Gerai Baru

Learn More