Perbedaan Sirloin, Tenderloin dan Rib Eye. Mana yang Lebih Enak?

22 Sep 2023

Perbedaan Sirloin, Tenderloin dan Rib Eye. Mana yang Lebih Enak?

Daging sapi adalah daging lezat yang bisa dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai jenis makanan. Salah satu yang ternikmat yaitu memanfaatkannya menjadi steak. Untuk yang hobi memakan steak, anda pasti tahu bagian apa yang sering anda makan. Entah sirloin, tenderloin hingga rib eye yang menjadi primadona dan cukup populer. Dari beberapa bagian tersebut, tentu masing-masing ada ciri khasnya. Yang dikenal yaitu sirloin. Sirloin adalah daging khas luar yang terletak pada bagian bawah iga sapi dan bagian luar tenderloin.

Ketiga jenis daging tersebut biasanya digunakan sebagai bahan steak. Steak adalah salah satu jenis olahan daging sapi yang mahal sekaligus lezat. Bahkan pada beberapa tempat, ada yang menyajikan steak dengan harga yang fantastis. Meskipun makanan steak sudah cukup populer di Indonesia namun masih ada juga yang kesulitan membedakan sirloin, tenderloin dan rib eye.

Perbedaan Antara Sirloin, Tenderloin dan Rib Eye

  1. Pengertian Daging Sirloin Adalah 

Ciri-ciri daging sirloin antara lain:

  • Harganya cukup murah
  • Rasanya agak gurih
  • Cocok dijadikan hidangan rendang, sup atau panggang
  • Tekstur dagingnya agak padat dan berotot membuat sirloin menjadi agak empuk
  • Tingkat kematangan medium rare, proses agak lama agar daging lebih empuk (jika direbus)

Steak sirloin adalah sering disebut dengan daging has luar memang menjadi bagian daging primadona di toko daging yang kerap disantap. Meskipun dagingnya yang tidak terlalu lembut namun kadar lemaknya sangat sedikit jika dibandingkan dengan potongan lainnya rib eye atau tenderloin.

Jadi, jika anda tidak ingin gemuk namun tetap ingin merasakan kelezatan daging sapi, maka anda tidak usah khawatir. Dengan olahan yang tepat, sirloin steak bisa dinikmati dengan tekstur yang juga empuk.

    2. Tenderloin

  • Tingkat keempukan yang sempurna
  • Lembut, empuk, juicy dan gurih
  • Harganya agak lebih mahal
  • Cocok untuk dipanggang dan dibakar
  • Tingkat kematangan yang sesuai dengan selera

Tenderloin sesuai dengan namanya pasti sudah bisa anda tebak kan? Ya, tenderloin adalah bagian yang paling empuk dari semua bagian. Tenderloin letaknya di tengah pinggang antara sirloin dengan top sirloin. Tingkat keempukan serta kandungan lemaknya sedikit sehingga harga daging sapi ini menjadi lebih mahal di tempat jual daging wagyu.

Tenderloin sering menjadi pilihan yang digunakan sebagai bahan baku untuk hidangan semur, rendang, steak atau sate. Anda juga bisa dengan mudah menemukannya di pasar. Tenderloin paling mudah dikenali bentuknya karena tidak memiliki otot atau serat di dagingnya.

 

Manfaat Daging Sapi untuk Tubuh

No

Manfaat Daging Sapi untuk Tubuh

1

Sumber energi yang besar

2

Membantu membentuk otot agar lebih kencang dan kuat

3

Mencegah obesitas dan diabetes

4

Meningkatkan sel darah merah

5

Menjaga imunitas/kekebalan tubuh

6

Merawat kesehatan kulit

7

Mencegah Stroke dan serangan jantung

8

Mengatur berat badan agar ideal

    3. Rib Eye

Ciri-ciri Rib Eye antara lain:

  • Tingkat keempukan yang hampir sempurna
  • Lembut dan juicy
  • Cocok dipanggang serta dibakar, diasap dan direbus
  • Tingkat kematangan yang lebih baik daripada medium

Rib eye adalah bagian daging yang ada di sekitar tulang rusuk sapi. Daging yang sering dikenal dengan tulang iga ini memiliki tingkat keempukan yang hampir sempurna. Seluruh bagian dagiang iga ini bisa terdiri dari iga yang keenam sampai dengan iga ke-12. Potongan daging iga yang bisa dikonsumsi bisa terdiri dari 2 sampai dengan 7 tulang iga.

Rib-eye steak merupakan potongan dalam bentuk steak di tempat jual daging steak. Bisa dengan tulang atau tanpa tulang. Rib-eye adalah salah satu potongan steak yang paling terkenal dan mahal di pasaran. Daging lembut dari bagian rusuk memang lebih berleman. Namun lemak inilah yang menyebabkan dagingnya lebih beraroma.

 

Perbedaan Sirloin dan Tenderloin dari Berbagai Aspek

Meskipun sama-sama daging sapi namun tenderloin dan sirloin juga memiliki perbedaaan. Apa saja?

  1. Tekstur, Harga dan Letak

Sirloin sendiri berasal dari kata “sir” yang artinya laki-laki. Sifat alami laki-laki tentu lebih keras daripada wanita. Sedangkan tenderloin berasal dari kata “Tender” yang artinya lunak. Sirloin atau daging khas luar memang agak lebih keras jika dibandingkan dengan tenderloin. Namun proporsi jumlah daging sirloin lebih banyak dibandingkan dengan tenderloin.

Sedangkan tenderloin atau lebih dikenal dengan daging khas dalam memiliki tekstur yang lebih lembuat karena terletak pada bagian tubuh sapi yang sangat jarang digunakan untuk bergerak. Karena itu jugalah, kandungan lemak tenderloin menjadi lebih tinggi. Proporsi dari daging tenderloin memang lebih sedikit sehingga harganya menjadi lebih mahal.

    2. Kandungan Gizi

Meskipun sirloin sering disebut sebagai lemak yang menempel pada sepanjang bagian pinggir potongan daging. Fakta menunjukkan bahwa ada lemak sebesar 14,28 dalam 100 gram daging sirloin. Sementara itu, ada lemak sebesar 18,16 gram dalam 100 gram daging tenderloin.

Dengan lebih banyak kandungan lemak ini, tenderloin akan menjadi lebih nikmat karena lemaknya dianggap bisa meningkatkan cita rasa gurih serta wangi masakan yang harum. Tetapi harus diwaspadai bahwa lemak yang berlebihan juga bisa meningkatkan berat badan.

 

Steak Sirloin Adalah Daging Andalan Suri Nusantara Jaya

PT Suri Nusantara Jaya (SNJ) adalah importir serta distributor utama yang menjual daging dengan produk berupa daging segar, daging beku maupun olahan daging yang berkualitas di Indonesia. Produk-produk kami antara lain daging sapi, daging ayam, daging kambing serta daging kerbau. Suri Nusantara Jaya didirikan pada tahun 1998 dan perusahan kini telah berkembang serta berekspansi dalam distribusi produk-produk daging segar atau beku kepada perusahaan besar hingga restoran yang ada di seluruh Indonesia.

FAQ

Mana yang lebih enak, sirloin atau tenderloin?

Untuk anda yang ingin diet, steak sirloin bisa menjadi pilihan yang tepat karena hanya mengandung sedikit lemak saja meskipun rasanya tidak terlalu tebal. Namun untuk yang menyukai lemak khas steak yang juicy dan enak, maka sirloin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Mengapa tenderloin lebih mahal?

Karena teksturnya lebih lembut dan hanya sedikit bagian saja yang bisa dijadikan sebagai bahan membuat steak.


Back to News

Berita lainnya.

22 Sep 2023

Cara Memasak Kulit Sapi Agar Cepat Matang dan Tidak Bau

Lebih Lanjut
09 Agu 2019

CEO PT Suri Nusantara Jaya terpilih menjadi Ketua Kadin

Lebih Lanjut
22 Sep 2023

Manfaat Mengkonsumsi Daging Iga Bagi Kesehatan

Lebih Lanjut