Cara Masak Daging Kerbau dan Perbedaannya dengan Daging Sapi

07 Feb 2024

Cara Masak Daging Kerbau dan Perbedaannya dengan Daging Sapi

 

Anda mungkin lebih familiar dengan jual daging sapi dibandingkan dengan daging kerbau (buffalo meat). Namun ternyata daging ini kualitasnya lebih bagus karena rendah kolesterol dibandingkan dengan daging sapi. Yang pasti adalah jangan lupa memperhatikan cara masak daging ini supaya rasanya lebih nikmat. Buffalo meat memang masih jarang dikonsumsi di Indonesia tetapi kuliner berbagahan daging jenis ini, salah satunya, adalah Soto Kudus. 

Daging ini harganya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan daging sapi yang sudah begitu terkenal di dunia kuliner. Namun daging buffalo juga sangat bagus untuk dikonsumsi. Untuk yang sedang diet, daging ini dikenal sangat rendah kandungan lemak dan kolesterolnya sehingga lebih sehat dimakan dibandingkan dengan sapi. 

Cara Memasak Daging Kerbau Supaya Empuk 

Memasak daging buffalo dari toko daging susah-susah gampang. Jika cara mengolahnya tidak benar, maka daging bisa menjadi keras dan baunya prengus. Berikut tips lengkap cara memasak buffalo meat: 

Jangan Mencuci Sebelum Diolah 

Setelah mendapatkan buffalo meat, hal pertama yang wajib dilakukan adalah  tidak mencucinya supaya pembusukan tidak terjadi terlalu cepat. Lebih baik segera bersihkan lemak yang menempel pada daging supaya bau busuk hilang. Jika sulit memotong lemak, maka bekukan dalam freezer sehingga nantinya mengeras dan lebih mudah membuang lemak pada pinggiran daging. 

Menggunakan Rempah-Rempah Alami untuk Bumbu Daging Supaya Tidak Bau 

Gunakan bumbu rempah yang tepat untuk mengatasi bau prengus buffalo meat. Bumbu rempah akan menyamarkan bau yang menyengat pada daging ini. Anda bisa menggunakan bumbu dapur yang punya aroma wangi seperti daun jeruk, jahe, daun salam, kemangi dan daun serai. Yang sering digunakan biasanya jahe karena selain dapat menutupi bau daging juga bisa membuat tekstur daging menjadi lebih cepat empuk. Ini karena enzim proteolitik jahe yang dapat memecah ikatan protein daging dengan cepat. Buffalo meat menjadi tidak apek dan cepat melunak. 

Gunakan Air Jeruk Nipis 

Anda bisa menggunakan air jeruk nipis supaya bau tidak sedap pada daging ini berkurang. Air jeruk nipis dapat meminimalisir bau amis serta membasmi kuman yang bersarang pada lapisan daging. 

Menggunakan Nanas Halus 

Sebenarnya dapat diparut dan disebar pada daging kerbau namun jika anda mau, bisa menghaluskan nanas dengan cara diblender. Getah pada nanas akan melunakkan daging kerbau yang a lot serta menyamarkan bau daging yang amis. 

Masak Menggunakan Api Kecil 

Jual daging ini memiliki banyak darah sehingga jika dimasak dengan api kecil atau slow cooking akan sangat cocok. Daging tidak akan pecah ketika pengolahan dan tingat kematangannya menyebar dengan sempurna. Jangan lupa diaduk ketika masak dengan api kecil itu. 

Membungkus dengan Daun Pepaya

Gunakan daun papaya untuk membungkus daging kerbau selama kurang lebih 20 menit. Jangan terlalu lama agar tidak pahit. Daging akan lebih empuk karena paparan enzim ppain dalam daun papaya. 

Jangan Memotong Daging Terlalu Besar 

Jangan Lupa memotong daging kerbau yang melawan serat dan tidak terlalu besar potongannya supaya daging mudah empuk. Jika potongan tipis maka akan lebih mudah memasak dengan suhu yag rendah. 

Aneka Masakan Daging Kerbau 

No

Masakan Masakan Daging Kerbau

1

Rendang daging kerbau

2

Sate kerbau

3

Empal gurih daging kerbau

4

Nasi pindang kerbau

5

Nasi grombyang

6

Sate loso

7

Daging kerbau kecap

8

Daging kerbau panggang saus kecap

 

Bedanya Daging Sapi dan Kerbau 

Warna 

Ciri pertama yang bisa diamati adalah warnanya. Meskipun pada dasarnya kedua daging ini berwarna merah namun warnanya agak berbeda. Warna merah sapi cenderung lebih pucat sedangkan daging kerbau warnanya merah tua cenderung agak gelap. 

Serat 

Perbedaan lain bisa dilihat dari karakteristik serat daging keduanya. Perbedaan serat terlihat cukup jelas jika melihat kedua daging ini secara langsung. Serat daging sapi cenderung tipis dan halus sedangkan dagingnya kerbau memiliki serat yang lebih kasar, lebih tebal dan tampak seperti kumpulan benang-benang tipis. Serat juga bisa dibedakan secara langsung. Permukaan dari daging sapi lebih halus sedangkan permukaan dari buffalo meat terasa kasar karena serat-seratnya agak menonjol. 

Tekstur 

Tekstur daging sapi lebih empuk sedangkan kerbau agak keras. Itu karena struktur serat kerbau padat dan tebal sedangkan serat daging sapi yang lebih halus membuat teksturnya menjadi lebih empuk. Karena perbedaan tekstur ini, cara pengolahannya pun menjadi berbeda. Daging kerbau membutukan waktu lebih lama untuk pemasakannya dibandingkan dengan daging sapi supaya bisa mencapai tekstur lembut yang diinginkan. Untuk itu, pastikan tidak mencampurkan kedua jenis daging ini jika ingin mengolahnya. 

Warna Lemak 

Perbedaan keduanya juga dapat dilihat dari lemaknya. Ketika mengolah keduanya, anda pasti menemukan lemak yang menempel pada beberapa bagian. Kalau diperhatikan dengan baik, warna lemak keduanya berbeda. Lemak pada daging sapi berwarna kekuningan dan agak keruh sedangkan lemak kerbau cenderung berwarna putih susu. 

Kandungan Kalori 

Kandungan kalori dalam dua jenis daging ini juga berbeda. Kerbau memiliki kalori yang lebih rendah yaitu 79 kalori per 100 gram sedangkan kalori untuk daging sapi adalah 201 kalori per 100 gram. 

FAQ 

Apakah daging kerbau mengandung kolesterol tinggi?

-Kerbau merupakan salah satu daging yang berkalori tinggi yaitu 131 kkal/100 g, mengandung protein sebesar 26,83g/100g, mineral sebesar 641,80 mg/100g, vitamin sebesar 20,95 mg/100g, mengandung kolesterol sebesar 61 mg/100g kolesterol dan mengandung lemak 1,80 g/100g (USDA, 1996).

Apakah daging kerbau sehat?

-Kerbau dikenal kaya akan kandungan protein, daging ini mengandung vitamin B1 dan asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu daging kerbau juga memiliki kandungan Omega-3 yang baik bagi otak dan mencegah kanker.


Back to News

Other news.

27 Jul 2023

Initiative for ASEAN Integration Work Plan IV (2021-2025)

Learn More
20 Dec 2023

Jual Daging Sapi

Learn More
22 Sep 2023

Keuntungan Konsumsi Frozen Food yang Jarang Diketahui

Learn More